Post Top Ad

berita

DR. Adian Husaini Terpilih Sebagai Ketua DDII

 

Almunawy.id-, Cendekiawan Muslim dan tokoh perbukuan Indonesia, DR. Adian Husaini terpilih sebagai Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Periode 1442 H-1447 H/2020-2025 M.  


DDII didirikan pada 27 Februari 1967 oleh para founding fadhers  bangsa  Indonesia, seperti M. Natsir (Perdana Menteri Pertama NKRI), Mr. Mohammad Roem (Menteri Luar Negeri RI, utusan RI pada Perjanjian Roem-Roeyen), Mr. Syafruddin Prawira Negara (Presiden Pemerintahan Darurat Republik Indonesia dan Gubernur BI pertama), Prof. DR. HM. Rasjidi (Menteri Agama Pertama RI), Mr. Burhanuddin Harahap, Prawoto Mangkusasmito, Prof. Kasman Singodimejo, dan sebagainya.


Sementara Adian Husaini merupakan Cendekiawan dan Intelektual Muslim Indonesia yang juga tokoh perbukuan nasional. Kapasitasnya sebagai tokoh perbukuan nasional dibuktikan oleh banyaknya karya beliau berupa buku dan artikel imiah maupun artikel populer.


Beberapa bukunya dinobatkan sebagai buku terbaik. Diantaranya buku Wajah Peradaban Barat yang mendapatkan penghargaan sebagai buku terbaik untuk kategori nonfiksi dalam Islamic Book Fair (IBF) di Jakarta tahun 2006.


Tahun berikutnya, 2007 buku Hegemoni Kristen-Barat dalam Studi Islam di Perguruan Tinggi meraih juara kedua dalam IBF untuk kategori yang sama.


Selain menulis buku ilmiah, Adian juga menulis buku fiksi seperti Novel KEMI; Cinta Kebebasan yang Tersesat. Novel Kemi terdiri atas tiga serial (Trilogi) yang diterbitkan oleh Gema Insani Pers (GIP).

Selain itu Adian yang lulusan International Institute of Islamic Thought and Civilization-International Islamic Univesity Malaysia (ISTAC-IIUM) juga seorang  pendidik dan pakar pendidikan. Saat ini beliau memimpin Program Doktor Pendidikan Islam Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor dan Attaqwa College Depok.


Kepakaran Adian sebagai pakar pendidikan tidak hanya dibuktikan oleh jabatan beliau sebagai pimpinan lembaga pendidikan, tetapi ditunjukkan pula oleh karya tulis beliau berupa buku. Diantara buku beliau tentang pendidikan adalah Pendidikan Islam; Membentuk Manusia Berkaraker dan Beradab (2012), Filsafat Ilmu; Tinjauan Barat dan Islam (2014), 10 Kuliah Agama Islam (2014), Pendidikan Islam; Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045 (2018, Perguruan Tinggi Ideal di Era Disrups; Konsep, Aplikasi, dan Tantangannya (2019), dan Kiat Menjadi Guru Keluarga; Menyiapkan Generasi Pejuang (2019).  []

 

Realted Posts

4 komentar:

  1. Alhamdulillah, semoga bisa amanah,Aamiin

    Jazaakallah khairan katsiira

    Ijin share nggih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa anti jazakallahu khairan.

      Monggo dishare, semoga bermanfaat

      Hapus
    2. Jika berkenan, mampir di tulisan terbaru hari ini: https://www.almunawy.id/2020/09/kaidah-kehidupan-balaslah-dengan-yang.html

      Hapus

Post Top Ad