Post Top Ad

artikelGuru Pembelajar

Serial Guru Pembelajar #1# Jadilah Guru Pembelajar

 



Serial Guru Pembelajar #1#
Jadilah Guru Pembelajar

Guru terbaik adalah pembelajar terbaik. Karena ‘’Faqid asy Syai la yu’thi”, sebagaimana dalam pepatah Arab. Orang yang tidak memiliki apa-apa tidak bisa memberi.


Guru harus mampu menumbuhkan minat baca peserta didik. Harus membuat muridnya cinta ilmu dan gemar belajar. Tapi ini hanya akan terlaksana dengan baik dan sukses jika guru juga cinta ilmu, gemar belajar dan punya rasas ingin tahu yang tinggi.


Bagaimana mungkin seorang guru bisa meyakinkan muridnya tentang pentingnya ilmu jika dia orang yang tidak haus ilmu. Cepat merasa puas dengan pengetahuan yang ala kadarnya. Bagaimana mungkin bisa meyakinkan anak didiknya tentang nikmatnya membaca buku jika dia sendiri tidak punya minat baca. Yang demikian ibarat orang yang percaya diri ngomongin lezatnya suatu makanan, padahal ia sendiri tidak pernah mencicipinya.


Singkatnya, jadi guru harus selalu belajar. Karena prinsip dasar belajar adalah “Minal mahdi ila al lahdi”, dari buaian sampai ke liang lahat. Belajar itu sepanjang hayat, long life education. Sekolah ada tamat-nya, tapi belajar tidak ada tamatnya sama sekali. Terlebih bagi seorang guru, sebab dia harus mencontohkan kepada peserta didiknya, bahwa belajar tak kenal kata tamat.


Alhasil, mari jadi guru hebat dengan menjadi pembelajar seumur hidup. []

#SalamLiterasi

 

 

Realted Posts

6 komentar:

Post Top Ad