Post Top Ad

artikelKaidah Kehidupan

Kaidah Kehidupan: Balaslah dengan yang Lebih Baik


"Balaslah dengan yang lebih baik" merupakan kaidah Rabbaniyah dalam akhlak dan interaksi sosial. Pesan moralnya adalah, "Interaksi tidak selamanya harus membalas dengan yang semisal".

 

Pagi ini, saat buka facebook di beranda  https://www.facebook.com/syamsuddin.almunawiy muncul status lawas lima tahun lalu. Isinya tentang sikap bijak menghadapi si tukang nyinyir atau siapapun yang bersikap buruk kepada kita. Sikap terbaik membalas perlakuan orang lain kepada kita adalah membalas dengan yang lebih baik. Ini adalah kaidah kehidupan yang dipesankan oleh Allah dalam Kitab Suci-Nya.

Berikut status lawas yang saya maksud.

Kadang ada pesaing dan pembencimu yang berusaha menjatuhkanmu dengan mengungkit masa lalumu yang kelam. Mereka mengangkat aibmu di masa lampau, atau menyebut-nyebut kelemahanmu saat belajar, atau bahkan mengungkap akhlaq burukmu yang kamu sudah tinggalkan dan bertaubat darinya.


Jangan membalas dengan sifat buruk sepertinya. Idfa' billati hiya ahsan (balaslah dengan yang lebih baik). Pujilah Allah yang telah memberimu hidayah. Bersyukurlah pada-Nya yang telah menyelamatkanmu dari sifat burukmu diwaktu dulu. Dan jangan lupa, berterimakasih pula kepadanya yang telah mengingatkanmu tentang betapa mahal hidayah Allah yang kamu tapaki saat ini.  (Status FB: 12/09/2014[]

 

 

 

 

Realted Posts

1 komentar:

Post Top Ad