Post Top Ad

Bahan AjarSejarah

Sejarah| Mengenal Asal-Usul Istilah Sejarah

 


Sejarah| Asal-Usul Kata Sejarah Menurut Bahasa

Kata sejarah  diadaptasi  dari bahasa arab شجرة   ( syajarah ) yang berarti pohon. Dalam  konteks masa lalu penggunaan kata sejarah tersebut mengacu pada pohon silsilah. Dalam bahasa Indonesia kata sejarah digunakan dengan tiga makna, yaitu:  (1) silsilah; asal-usul (dalam kesusateraan lama); (2) kejadian yang  benar-benar terjadi  pada masa lampau; dan (3) ilmu, pengetauhan, cerita, riwayat, dan pelajaran tentang  kejadian dan persitiwa  yang  benar-benar terjadi di masa lampau.   


Dalam Kamus Umum  Bahasa Indonesia (KUBI) kata sejarah sering dugunakan untuk menunjuk pada dua hal, yaitu (1) peristiwa dan kejadian di masa lampau; (2) kisah dan cerita mengenai apa yang terjadi di masa lampau, baik yang dituturkan secara lisan maupun tertulis.


Dalam bahasa Arab ada beberapa kata yang bersinonim  dengan kata sejarah seperti  sirah  tharikh, tarjamah, dan  tarajum. Mesikupun sebenarnya kata tarjamah dan tarajum lebih sering digunakan untuk sejarah tokoh. Dalam bahasa Indonesia disebut biografi.


Sedangkan dalam bahasa asing lainnya, padanan kata tarikh antara lain historia (Yunani), history (Inggris) geschidenis (Belanda) dan geschichte (Jerman).


 Sejarah Menurut Istilah

Seperti dijelasakan di atas bahwa menurut KUBI, kata sejarah yang lazim digunakan dalam perckapan sehari-hari maupun tulisan mengandung dua makna. Yaitu (1) peristiwa dan kejadian di masa lampau; (2) kisah dan cerita mengenai apa yang terjadi di masa lampau, baik yang dituturkan secara lisan maupun tertulis dalam buku-buku.’


Dalam pelajaran Sejarah, makna pertama biasa dikenal dengan istilah sejarah sebagai peritiwa (history of event). Sementara makna kedua disebut dengan sejarah sebagai kisah atau cerita (history of written).


Sejarah juga dapat diartikan sebagai ‘’ilmu sejarah” sebanding dengan sosologi, antropologi, dan sebagainya. []

Sumber: Sejarah Nasional Indonesia; Perspektif Baru, Tiar Anwar Bachtiar, dkk.

Realted Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad