Post Top Ad


 

Pimpred Rakyatku.com  Ajak Jurnalis Wahdah Naik Kelas

Kader jurnalistik media dakwah Wahdah Islamiyah mengikuti pelatihan jurnalis Media Dakwah. Kegiatan ini digelar Departemen Informasi dan Komunikasi (Infokom) Dewan Pimpinan Pusat Wahdah Islamiyah (DPP WI), Kamis (17/09).

 

Pelatihan  Jurnalis ini merupakan bagian dari TOT Media Dakwah yang digelar sejak Kamis (17/09) sampai dengan Ahad (20/09).

 

Pada hari pertama, panitia menghadirkan Alief Sappewali sebagai narasumber dan fasilitator pelatihan. Jurnalis senior ini berbagi pengetahuan jurnalistik dasar disertai pengalaman real di lapangan.

 

Tapi ada satu hal yang menarik dan beda dari pelatihan ini. Mungkin karena peserta merupakan utusan Dewan Pimpinan wilayah (DPW) WI seindonesia. Sehingga pada  penyampaian materi, narasumber tidak meminta peserta berlatih membuat berita straight (Berita langsung). Straigh news bisanya menjadi materi latihan dasar dalam setiap diklat jurnalistik.

 

“Sekarang tinggalkan berita straight news”, ujar Pimpinan redaksi Rakyatku.com ini.

 

Hal ini disampaikan Alief sebagai jawaban atas pertanyaan sebagian peserta. Syamsuddin, peserta utusan DPW Jakarta menyampaikan, ‘’Sebagian berita kegiatan dakwah dan sosial yang diberitakan hampir tidak memiliki nilai berita”.

 

“Bentuknya seperti laporan biasa”, ungkapnya.

 

Curhatan serupan juga disampaikan oleh peserta lain. Umumnya kesulitan memberi nilai berita (news values) pada berita yang diwartakan melalui website lembaga.

 

Menanggapi hal itu Alief yang telah menekuni profsi jurnalis hampir dua dasawarsa ini mengajak peserta pelatihan ‘’naik kelas”.

 

Ia mengajak peserta meninggalkan gaya straight news dalam memberitakan kegiatan dakwah dan sosial lembaga. Menurutnya saatnya kader jurnalis wahdah naik kelas ke level berikutnya. Yakni membuat liputan dan laporan mendalam dan detail dalam setiap berita kegiatan lembaga. []

 

 

Menurutnya ada tiga level jurnalis. Muda, madya, dan utama.  

 

  memanfaatkan moment pelatihan ini untuk sharing dan curah

Realted Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad