Post Top Ad

Nasehat Teman

Ahli Surga Itu Pendosa yang Bertaubat

 


Seorang teman pernah menulis status nasehat di diding facebook-nya.  “Ahli surga itu adalah pendosa yang bertaubat”, tulisnya.


Nasehat yang singkat dan padat serta mendalam.  Bahwa surga diperuntukan bagi orang baik. Tentu baik dalam pandangan Allah. Dan orang baik dalam pandangan Allah bukan hanya  yang tak pernah salah dan berbuat dosa. Karena  tidak ada manusia yang luput dari dosa dan salah.


Namun, orang baik selalu tahu jalan pulang. Dan selalu ingin pulang. Pulang dengan cara bertaubat. Karena, “Sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah yang bertaubat”, sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.


Dalam Al-Qur’an, Allah menegaskan bahwa surga yang luasnya seluas langit dan bumi disiapkan untuk para muttaqin. Dan diantara ciri orang bertawa adalah, “mereka yang jika berbuat keji atau menzalimi diri sendiri (dengan dosa) mereka ingat Allah dan segera memohon ampun atas dosa-dosa mereka”.


Jadi benar, surga itu bukan hanya untuk orang yang tidak berbuat dosa sama sekali. Tapi pendosa yang bertaubat juga memiliki peluang yang sama untuk masuk surga. Sebagaimana dijanjikan Allah dalm kitab suci-Nya dan melalui sabda Nabinya.


Oleh karena itu, jangan menyerah untuk terus berbenah. Berbenah memperbaiki diri. Perbaikan diri perlu dilakukan secara berkesinambungan dengan selalu memperbaharui taubat dan istighfar setiap saat. []

Realted Posts

13 komentar:

  1. Betul s 7 terima kasih tausiahnya ustadz mampir cakininblogspot.com

    BalasHapus
  2. Semoga kita semua kelak disyurganya Allah SWT. aamiin

    BalasHapus
  3. Teringt pesan Buya d pesantren... mengapa hrs bljr agama? Krn ilmu agama itu ibrat suluh yg terus menyala...meski engkau padamkn..ttp ada tersisa setitik bara yg bs balik mnjadi cahaya terang yg mngingtkn mu ttg jln plg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar.

      Guru dari Imam Syafi'i pernah berkata, "Ilmu itu adalah cahaya".

      Dan beruntunglah mereka yang sempat mengenyam ilmu. Karena di hati mereka ada cahaya. Walau kadang cahaya itu redup. Tapi suatu saat akan bersinar kembali dan menuntun jalan kembali.

      Hapus
  4. Pulang kembali ke jalan yang benar

    BalasHapus
  5. Memperbaiki diri secara berkesinambungan. Semoga bisa. Bismillah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Yang sungguh-sungguh akan ditunjukkan jalan olehNya.

      Trimkasih dah berkunjung

      Hapus

Post Top Ad