Post Top Ad

artikelNasehat Guru

Nasehat Guru: Jangan Putus Asa

 

Nasehat Guru: Jangan Putus Asa

 

Pagi ini, di beranda Facebook saya nampak sebuah meme yang berkesan.  Meme tersebut berisi kutipan perkataan Syekh Ahmad Al-Khatib.

 

Syekh Ahmad menyampaikan  nasehat kepada para guru agar tidak putus asa menghadapi murid.

"Janganlah kamu berputus asa dari seorang murid pun", kata dosen STIBA A-Rayah Sukabumi ini.

 

Perasaan seperti ini kadang menghinggapi sebagai guru. Mungkin manusiawi menghadapi murid dengan beragam masalah yang menumpuk.

 

Tapi seorang guru harus selalu optimis dan berpikir positif. Jangan lihat muridmu sebagai "bocah nakal" yang selamanya akan jadi anak kecil.

 

Tapi ingatlah, mereka sedang bertumbuh. Mereka terus berproses. Berposes menuju dewasa. Dewasa dalam umur, pola pikir, dan cara menyikapi serta menjalani hidup.

 

Tanamkan optimisme, muridmu adalah para  calon manusia hebat di masa depan. Calon pemimpin dan pelopor kebaikan dan perbaikan di masyarakat.

 

Kita sebagai guru tidak tahu "siapa diantara mereka yang akan memberikan manfaat kepada ummat ini", tegas Syekh Al Khatib.

 

Benar, mereka yang hari ini seolah kurang cerdas, susah diatur, boleh jadi ke depan akan menjadi orang baik dan bermanfaat bagi sesama. Karena itu jangan putus asa. Tetap optimis dan bersikap positif.

 

"Karena setiap anak adalah perbendaharaan berharga" tandasnya.  Sebab, "Manusia itu ibarat barang tambang", sabda Nabi.

 

Tugas kita sebagai guru mengeksplorasi barang tambang itu. Mungkin butuh proses panjang dan melelahkan. Harus meneliti, menggali, menyuling, dan seterusnya.

 

Tapi yakinlah, semuanya akan berakhir indah pada saatnya nanti. Kebahagiaan terbesar seorang guru adalah ketika menyaksikan jejak kebaikan pada muridnya. Kebaikan itu kemudian melegenda dalam hidup sang murid dan menjadi bekalnya dalam mengarungi hidup. []

 

#SalamJumat

#Salamliterasi

Selamat beraktifitas

Realted Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad