Post Top Ad

Artikel Islami

Teguhkan Hati dengan 9 Amalan Ini



Kita hidup di zaman yang penuh tantangan, godaan, dan ujian. Beragam ujian, godaan, dan tantangan mewarnai hari-hari kita. Sehingga tak dapat dielakkan, berbagai godaan dan ujian tersebut dapat melemahkan dan memengaruhi iman dan jiwa kita. Sebab hati manuia cenderung berbolak-balik.


Hati kita selalu berbolak dan berada di dalam kendali Allah. Oleh karena itu jalan terbaik mendapatkan keteguhan hati adalah menyerahlan hati kita kepada Allah. Yakni dengan melakukan amalan yang dengannnya Allah meneguhkan hati kita di atas jalan iman dan kebaikan.


Berikut ini beberapa amalan yang menjadi sebab mendapatakan peneguhan dari Allah. 

  1. Membaca dan merenungkan (tadabbur) Al-Qur’an dengan disertai kehadirn hati. Sebab Al-Qur’an menghidupkan dan menyuburkan keimanan di hati serta menumbuhkan nilai-nilai kebaikan dalam jiwa.
  2.  Komitmen menjalankan syariat Alah dan amal shaleh dalam kehiduapan sehari-hari. Sebab Allah “meneguhkan hati orang-orang beriman dengan al-qaul altsabit (amal shaleh) dalam kehidupan dunia.
  3. Merenungkan kisah-kisah para Nabi
  4. Berdo’a
  5. Dzikurullah
  6. Semangat meniti jalan kebenaran
  7. Tarbiyah imaniyah dan ilmiah yang menghidupkan hati dan sanubari
  8. Melakukan aktivitas dakwah
  9. Yakin dengan pertolongan Allah

DEmikian beberapa amalan yang diharapkan menjadi sebab diteguhkannya hati kita oleh Allah. Semoga dengan amalan-amalan tersebut hati dan jiwa raga kita diteguhkan oleh Allah di atas jalan kebenaran dan keimanan. 

Sumber: Wasail Tsabat Syaikh Al-Munajjid


Realted Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad