Post Top Ad

artikelArtikel Islami

2 Alasan Utama Pentingnya Belajar Bahasa Arab

 


2 Alasan Utama Pentingnya Belajar Bahasa Arab

 

Bahasa Arab itu penting, terutama bagai seorang Muslim. Walau Islam bukan agama Arab tapi Islam tak dapat dipisahkan dari bahasa Arab. Seorang Muslim tidak dapat melepaskan diri dari bahasa Arab.

Bahkan menurut saya, Bagi seorang Muslim, bahasa Arab itu bukan bahasa asing. Karena dia merupakan bahasa yang sangat lekat dengan kehidupan dan keseharian setiap orang Islam.

Paling tidak ada dua alasan mengapa belajar bahasa Arab penting bagi seorang Muslim.

Bahasa Arab adalah Bahasa Ibadah

Bahasa Arab merupakan bahasa resmi ibadah dalam Islam. Beberapa ritual ibadah mahdhah tidak dapat dilepaskan dari bahasa Arab. Ibadah shalat misalnya. Bacaan dalam shalat mulai dari takbiratul ihram sampai dengan salam, semuanya berbahasa Arab. Tentu saja lebih afdhal dan lebih sempurna bahkan lebih khusyu jika seseorang memahami makna dari doa dan zikir  yang dilantunkannya di dalam shalat. Apalagi jika salat dimaknai sebagai hubungan dan komunikasi langsung dengan Allah, tentu kedekatan dengan Allah lebih terasa jika kita shalat dalam kedaan memahami setiap perkataan yang diucapkan dalam salat.

Ibadah lain yang identik dengan bahasa Arab ialah haji, do’a dan zikir, serta tilawah Al-Qur’an. Talbiyah haji berbahasa Arab. Lantunan “Labbika Allahumma Labbaik . . .” akan merasuk ke dalam jiwa dan sanubari jika disertai pemahaman dan perenungan. Kunci untuk bisa paham dan merenungkan makna kalimat talbiyah tersebut adalah tahu dan paham bahasa Arab. Paling minimal paham makna kalimat talbiyah tersebut.

Demikian pula dengan do’a, zikir dan tilawah Al-Qur’an. Akan semakin terasa khusyu’ dan nikmat jika disertai pemahaman. Kalau paham bisa merenungkan makna doa dan zikir yang dilantunkan atau ayat yang dibaca. Jika doa, zikir dan tilawah disertai perenungan, insya Allah makin khusyu dan khidmat.

Bahasa Arab Bahasa Ilmu Pengetahun

Dalam Islam bahsa Arab merupakan bahasa ilmu pengetahuan. Sebab Al-Qur’an dan hadits yang merupakan sumber ilmu paling utama berbahasa Arab. Demikian pula dengan kitab-kitab  karya para Ulama seperti Tafsir, Sirah, Tarikh, Fiqh, Ushul Fiqh, dan sebagainya. Kitab induk yang merupakan rujukan utama dalam beragai bidang ilmu Islam kebanyakan berbahasa Arab. Oleh sebab itu dalam tradisi keilmuan Islam bahasa Arab dikategorikan sebagai salah satu ilmu alat. Yakni alat untuk mengetahui dan mendalami bidang ilmu lainnya.

Bahasa Arab Bagian dari Agama Islam

Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan, bahasa Arab termasuk salah satu bagian penting dari agama Islam.  Amirul Mukminin Umar radhiyallahu ‘anhu pernah berkata:

Pelajarilah bahasa Arab karena ia bagian dari agama kalian. Pelajarilah hukum waris, ia juga bagian dari agama kalian!

Hayuu, tunggu apa lagi. Yuk belajar bahasa Arab sebagai bagian dari kecintaan kita pada Islam.

 

Realted Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad