Post Top Ad

artikelArtikel Islami

6 Ciri dan Rukun Pesantren Menurut Adian Husaini

 

Ketgam: Taujih Guru Pesantren usai Shalat Lima Waktu

6 Ciri dan Rukun Pesantren Menurut Adian Husaini

Pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Keberadaan pesantren dikenal sejak republik belum berdiri.

Pesantren telah memberi andil dan kontribusi besar bagi negeri. Sebab pesantren tidak hanya berfungsi sebagai lembaga pendidikan, tapi di samping itu pondok pesantren juga berfungsi sebagai lembaga perjuangan.

Fakta di masyarakat sejak dahulu, pesantren tidak hanya melahirkan alumni yang ahli agama atau ulama. Tapi pesantren juga melahirkan pemimpin masyarakat di segala sektor kehidupan. Karena pada dasarnya pesantren bukan lembaga pendidikan yang hanya mengajarkan ilmu pengetahuan. Tapi pesantren juga mengajarkan ilmu tentang kehiduapan. Sehingga ditemukan para alumni pesantren dapat berkiprah di segala lini kehidupan.

Di republik tercinta, pesantren telah melahirkan para da’i, guru, ustadz, ulama, pengusaha, politisi, bahkan negarawan. Bahkan Indonesia pernah dipimpin oleh seorang presiden berlatar belakang santri, ketika KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menjabat sebagai Presiden. Saat ini puna wakil Presiden kita adalah seorang Kyai yang tentu saja berlatar belakang sebagi santri.

Lalu apa sebenarnya Pesantren itu?

Ketua Umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia KH. Dr. Adian Husaini menyebutkan ada enam ciri utama pesantren. Keenam ciri tersebut kata Ketua Program Doktor Pendidikan Islam Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor itu disebut pula sebagai rukun Pesantren.

Enam rukun pesantren tersebut adalah

Pertama, Keteladanan Kyai dan guru

Kedua, Adanya penanaman adab  dan akhlaq mulia

Ketiga, Adanya kegiatan pendalaman ilmu (tafaqquh fi Din)

Keempat, Penanaman semangat dakwah dan perjuangan

Kelima, Penanaman kemandirian

Keenam, Membekali santri dengan tantangan dakwah kontemporer

Jadi pesantren itu bukan sekadar bangunan asrama santri dan ruang kelas, tapi lebih dari itu adanya kegiatan penanaman adab dan karakter serta pendalaman ilmu yang disertai keteladanan dan kesungguhan guna melahirkan orang baik dan bermaanfaat bagi sesama. []

Realted Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad