Post Top Ad

artikel

Apa Itu Coaching?

 

Apa Itu Coaching?

Apa yang terbesit di benak anda jika mengenal kata Coach?

Siapakan yang disebut Coach?

Umumnya orang menerjemahkan Coach dengan pelatih, khususnya pelatih dalam dunia olahraga. Namun ternyata bukan sekadar pelatih olahraga. Tapi Coach adalah sebutan untuk orang yang melakukan Coaching.

Atau dengan kata lain Coach adalah fasilitator coaching.

Lalu apakah Coaching itu?

Saya baru tahu, ternyata mulanya Coaching dipakai dalam dunia pendidikan dan akademik. 

Ini saya dengarkan dari Pendiri Coaching Indonesia, Al Falaq Arsendatama. Kata dia Coaching dikenal pertama kali dalam dunia akademik. Coaching  berasal dari kata Coach. Sebutan untuk alat transportasi semacam mobil  yang mengantarkan orang/penumpang ke tempat tujuannya. Filosofinya Coach berperan membantu dan atau memfasilitasi klien (Coachee) dalam mencapai goal dan targetnya.

Tahun 1800an coach adalah sebuatan bagi seorang Dosen atau pengajar di perguruan tinggi yang berhasil mengantarkan mahasiswanya meraih gelar sarjana. Bertahun kemudian istilah Coach bergeser ke dalam dunia olahraga. Dimana seorang pelatih yang membimbing seorang atlit dan atau pemain hingga meraih prestasi dan juara disebut Coach.



Jadi apa itu Coaching?

Menurut  Menurut Loop Institute of Coaching, Coaching  adalah sebuah proses membangun kesadaran diri untuk menemukan potensi terbaik melalui percakapan bermakna untuk mencapai tujuan.


Sedangkan  Menurut International Coaching Federation, “Coaching sebagai bentuk kemitraan dengan klien dalam proses pemikiran yang memprovokasi dan kreatif dalam menginspirasi mereka untuk memaksimalkan potensi pribadi dan profesional mereka”.


Dari dua definisi di atas dapat disimpulkan, Coaching adalah tehnik fasilitasi   melalui percakapan bermakna dan kreatif guna memaksimalkan potensi klien menuju target dan tujuan. []

 

#Coaching #Coach 

Realted Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad