Post Top Ad

artikel

Etika Orangtua Murid dan Keberkahan Ilmu

 


Etika Orangtua Murid dan Keberkahan Ilmu

Senin (01/11/2021) seorang kawan di salah satu WhatsApp Grup (WAG) alumni sebuah pelatihan mengirim link sebuah artikel. Judul artikel tersebut  adalah Etika Wali Murid danKeberkahan Ilmu.

Poin penting dari artikel yang ditulis Miftahul Jinan ini berangkat dari sebuah kisah tentang orangrua murid Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.  Kisah lengkapnya baca disini.

Dia akhir tulisannya penulis mengatakan:

“Begitulah ADAB dalam menuntut ilmu. Anak, ibu, ayah dan siapa pun perlu menjaga adab kepada guru. Betapa pentingnya adab dalam kehidupan seharian kita. Kisah di atas menceritakan seorang ayah yang tiada adab pada guru. Bagaimana kalau diri sendiri yang tiada adab, memaki dan mengaibkan gurunya?

Kata ulama: Satu perasangka buruk saja kepada gurumu, maka Allah haramkan seluruh keberkatan yang ada pada gurumu kepadamu. “

 

***

Bagi saya tulisan ini sangat inspiratif. Teringat ayah dan ibu saya yang sangat hormat kepada guru-guru saya sejak TK-PT. 

Bahkan ada beberapa guru yang diperlakukan oleh kedua orangtua saya seperti layaknya saudara. Putra putri guru guru saya juga diperlakukan seperti ponakan oleh kedua orangtuangtua saya. Sampai-sampai orang-orang menganggap kami ada hubungan kekerabatan

Semoga Allah memberkahi kehidupan para guru dan keduaorangtua kita.[]

Realted Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad