Post Top Ad

artikel

Pemimpin Berkinerja Tinggi

 


PEMIMPIN BERKINERJA TINGGI


Keberhasilan sebuah organisasi sangat ditentukan oleh kinerja pimpinannya. Jika pimpinan berkinerja tinggi maka dipastikan organisasi itu akan maju.


Sebab pemimpin yang berkinerja tinggi otomatis akan menjadikan semua tim yang terlibat dalam pengelolaan organisasu tersebut berkiernja tinggi.


Sebaliknya jika pemimpin suatu lembaga tidak berkinerja tinggi, maka akan berdampak pada kinerja anggota tim. Sehingga pada akhirnya akan berimbas pada organisasi.


Menurut  Bambang Triyawan dalam bukunga High Performnace Leadership, pemimpin berkinerja tinggi melakukan empat hal fundamental dalam mendorong kinerja timnya.

 

Pertama, menetapkan target kerja yang jelas dan terukur untuk dicapai oleh timnya. Mereka tidak sekedar mengatakan, "Mari bekerja lebih baik....". Mereka menetapkan hasil-hasil terukur untuk dicapai. Sebab tanpa sasaran yang jelas dan terukur karyawan atau tim tidak akan  memahami apa yang diharapkan dari mereka.

Oleh karena itu seorang pemimpin berkinerja tinggi melakukan perencanaan kinerja dan memikirkan bagaimana setiap orang akan berkontribusi terhadap pencapaian sukses organisasi. Singkatnya perumusan sasaran kinerja yang jelas dan terukur merupakan langkah awal yang sangat vital dalam mengelola kinerja secara efektif.

 

Kedua, mengukur kinerja secara obyektif. Pengukuran kinerja membantu pemimpin mengetahui sejauh mana timnya berhasil dalam melakukan kinerja. Sehingga pemimpinyang berkinerja tinggi tidak akan meninggalkan pengukuran kinerja.

 

Ketiga, melakukan coaching atau bimbingan kinerja secara efektif untuk mengeluarkan yang terbaik dari timnya. Kadang ia melakukan group coaching kadang juga one to one coaching. Coaching adalah jalan untuk menguatkan motivasi dan memfasilitasi perubahan perilaku.

 

Keempat, menyediakan dorongan positif untuk timnya. Pemimpin berkinerja tinggi senantiasa memberikan apresiasi, penghargaan, dan beragam penguatan untuk membuat orang bekerja dengan lebih maksimal.

 

Sudah melakukan keempatnya dengan baik?

 

#highperformanceleadership

Realted Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad