Post Top Ad

artikel

Perbanyak Kebaikan Sebelum Kematian

 




Seseorang yang telah ditakdirkan meninggal dunia pada hari ini, mungkin merasa bahwa besok ia tetap masih hidup. Masih ada kesempatan bagi dirinya untuk berbuat baik. Namun pada kenyataannya, hal tersebut keliru, sebab sudah diketahui sebelumnya—mati adalah rahasia Allah.

 

Maka, jika sudah terbersit ingin berbuat kebaikan, janganlah menundanya sahabat, karena belum tentu kita akan mendapati kesempatan pada detik-detik selanjutnya.

 

Dan Allah tidak akan menunda kematian seseorang apabila waktu kematiannya telah datang dengan memperpanjang hidupnya. Dan Allah Maha Teliti dengan cermat tentang apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Munafiqun:11)

 

Dari Ibnu Umar radiyallahu anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memegang kedua pundakku seraya bersabda,

 

Jadilah kamu di dunia ini seakan akan orang asing atau seorang musafir.

 

Dan Ibnu Umar Radiyallahu ‘anhu berkata,

 

Jika kamu berada di sore hari, janganlah menunggu pagi hari, dan jika kamu berada di pagi hari, janganlah menunggu sore hari. Pergunakalah kesempatan masa sehatmu untuk sakitmu, dan masa hidupmu untuk matimu.” (HR. Bukhari 6416)

 

-------

 Salah satu kebaikan yang perlu diperbanyak sebelum kematian datang adalah sedekah. Sebab salah satu penyesalan setelah kematian adalah karena kurang sedekah. Bahkan ada yang meminta dikembalikan ke dunia untuk menjadi ahli sedekah. 


Yuk sedekah lewat kotak amal online kotakamal.id

Yuk sedekah dengan harta terbaik kita lewat link berikut:
https://kotakinfak.id?s=110222083631
 

#kotakinfakid #kotakinfak #nasihat #motivasi #quotes #selfreminder #muslim #islam #laznaswiz #motivasiislam #hadits #renungan #semangatpositif #hikmah

Realted Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad