Post Top Ad

artikelTa'aruf

Sekilas Tentang Pesantren Tahfidz Wahdah Islamiyah Cibinong

Kegiatan Kelas Malam/Ngaji Kitab Santri Tahfidz Wahdah Islamiyah Cibinong

Pesantren Tahfidz Wahdah Islamiyah Cibinong Bogor merupakan salah satu lembaga pendidikan islam berbasi Pesantren. Tahfidz WI Cibinong dikelola oleh Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) yang berkedudukan dan berpusat di Makassar.


Pesantren ini didirikan pada tahun 2015 dengan jumlah santri angkatan pertama 11 santri. Dimana pada masa tahun pertama Pesantren Tahfidz Wahdah Islamiyah Cibinong hanya menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang fokus pada program Tahfidz Al-Qur'an. 


Pada tahun 2016 YPWI selaku pengelola menyelenggarakan pendidikan pendidikan formal pada jenjang SMP dan SMA. Namun program tahfidz dan kepesantrenan (ngaji kitab) tetap menjadi program unggulan. 


Sejak dibuka petama kali tahun 2016 SMP Al-Qur'an Wahdah Islamiyah Cibinong Bogor telah meluluskan 3 angkatan. Sedangkan jenjang SMA telah menamatkan 4 angkatan, walau ujian SMA masih menginduk ke sekolah lain. 


Program Unggulan

Sebagai pesantren tahfidz yang dipadukan dengan pendidikan formal jenjang SMP dan SMA, Pesantren Tahfidz Wahdah Islamiyah Cibinong Bogor memiliki beberapa program unggulan, diantaranya:

1. Tahfidz Al-Qur'an 15 juz bagi lulusan SMP dan 30 juz bagi lulusan SMA

2. Hafalan hadits Kitabul Jam'i Bulughul Maram

3. Bahasa Arab dan Inggris


Ekstra Kurikuler

Selain pendidikan formal dan kepesantrenan, program pendidikan di pesantrenan ini juga dilakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler. Ekstra kurikule merupakan bagian program pendidikan sebagai salah satu metode dan pendekatan pembinaan karakter santri, sekaligus memadahi dan memfasilitasi pengembangan minat dan bakat para santri. 

Secara umum ekskul di Pesantren Tahfidz Wahdah Islamiyah Bogor tediri atas dua macam. Ekskul wajib dan pilihan, yakni:

1. Pramuka (wajib bagi santri kelas 1 SMP dan SMA)

2. Beladiri (wajib bagi seluruh santri). Saat ini ada dua jenis beladiri yang diadakan, yaitu karate dan silat. Santri harus memilih salah satu dari dua jenis bela diri ini.

3. Olahgara, seperti Futsal, panahan, bulu tangkis, dll (pilihan)

Pada ekskul silat, santri tahfidz Wahdah Islamiyah telah sukses meraih juara dalam beberapa Turnamen dan kejuaran baik di tingkat Kabupaten/Kota, sampai nasional. 

Info Penerimaan santri baru di sini 


#Santri #Pesantren #Pesantrentahfidz #Tahfidz #sekolahtahfidz #SMAAlQuran #SMPAlQuran 


 

Realted Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad