Post Top Ad

artikel

Yuk, Kuliah di STIBA Makassar

 



Yuk, sekolah di STIBA Makassar

Ayo, kuliah di STIBA Makassar

yuk, belajar di STIBA Makassar

ayo, belajar di STIBA Makassar

Apa itu STIBA Makassar?


STIBA Makassar adalah sebuah perguruan tinggi islam di kota Makassar. STIBA merupakan akronim dari Sekolah Tinggi Islam dan Bahasa Arab. Sejak berdiri tahun 1998 sampai saat ini masyhur dengan sebutan STIBA Makassar. 


Kenapa kuliah di STIBA Makassar?

Pertama, karena saya alumni dan lulusan kampus ini. Saya sudah merasan dan membuktikan, STIBA merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia, bahkan di dunia Islam. Berlebihan? ghuluw? gak. Karena di tempat ini saya menghabiskan sebagain dari usia hidupku, baik sebagai mahasantri maupun sebagai pengajar usai menamatkan masa studi. 


Kedua, Salah satu guru saya, Dr. Adian Husaini (ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia) juga mengatakan, STIBA Makassar merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia. Hal itu disampaikan Ketua Program Studi Doktor Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor ini saat menyampaikan orasi ilmiah pada wisuda alumni STIBA tahun 2020 lalu. 

Bagi saya testimoni dan pernyataan dari Ustadz Adian patut dijadikan rujukan akan kwalitas dan kredibilitas kampus STIBA Makassar ini. Sebab beliau bukan orang sembarangan. Doktor Adian meruapan pakar dan praktisi pendidikan Islam. Ia juga merupakan akademisi di salah satu kampus terbaik lainnya, yakni Universitas Ibn Khaldun Bogor.Ya, UIKA Bogor memang merupakan kampus Islam terbaik di kota hujan. 


Ketiga, Kampus ini sejak awal didirikan dengan semangat juang tinggi dan ruh jihad yang kental. Bahasa sederhananya, didirikan dengan modal idealisme. Ya idealisme dan ruh jihad. Yakni niat suci dari para perintis dan pendirinya untuk melahirkan kader-kader ummat dan bangsa. Banyak bukti jadi saksi akan hal ini. 

Diantaranya, sekolah tinggi ini tidak diawali dengan pembanguan fasilitas gedung. Tapi dimulai dengan proses perkualiahan secara langsung. Bahwa kampus STIBA Makassar ini diawali dengan aktivitas akademik yang dilakukan di salah satu pojok Masjid Wihdatul Ummah, Jln. Abdullah Dg. Sirua Makassar. 

Kuliah yang berlangsung tidak seperti lazimnya kuliah di kampus-kampus konvensional. Kuliah dilaksanakan di pojok masjid dengan fasilitas seadanya. Para nmahasiswa duduk melantai dengan meja duduk sebagai sebagai fasilitas pendukung para mahasiswa. Meja duduk ini dipakai secara bergantian mahasiswa STIBA dan santri TK/TPA Wihdatul Ummah. Pagi hingga siang meja-meja itu digunakan mahasantri STIBA, sore hari dipakau santri TK/TPA.

Selain itu masih banyak kisah heroik lainnya. Insya Allah akan dituliskan di kesempatan lainnya.


Keempat, Di kampus ini saya bertemu orang-orang yang cinta ilmu. Saya ditakdirkan berjumpa dengan para pencari ilmu yang haus ilmu dan guru-guru/dosen yang tulus ikhlas mengajar. Sehingga dari kampus ini lahir para alumni yang cinta ilmu; semangat belajar dan mendakwahkan ilmu. Salah satu bukti bahwa mahasiswa kampus ini merupakan orang-orang yang cinta ilmu, Sejak didirikan sampai beberapa tahun kampus ini meluluskan alumni tanpa ijazah formal. Kalaupun ada ijazah, tidak diakui (tidak bisa dipakai menjadi PNS dan atau pegawai swasta). Tapi setiap tahun tidak pernah kekurangan mahasiswa. Jarang ada kampus seperti ini. 


Kelima, Masih banyak kelebihan dan keistimewaan lain dari kampus ini. Semoga ada orang lain yang menuliskannya. Atau jika anda seorang calon mahasiswa, buktikan dengan cara mendaftar dan menjadi mahasiswa di kampus STIBA Makassar ini. 


Realted Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad